Written By PIK R SEKARTAJI SMKN 3 KDR on Jumat, 21 April 2017 | 20.43

Sumber daya manusia yang tinggi dapat mempercepat pertumbuhan bangsa. Dengan jumlah penduduk yang besar apabila tidak diikuti dengan kualitas yang memadai, hanya akan menjadi beban pembangunan. Kualitas penduduk adalah keadaan penduduk baik secara perorangan maupun kelompok berdasarkan tingkat kemajuan yang telah dicapai. Agar menjadi sumber daya yang maju penduduk harus mempunyai kualitas yang memadai sehingga dapat menjadi modal pembangunan yang efektif. Tanpa adanya peningkatan kualitas, jumlah penduduk yang besar akan menimbulkan berbagai masalah dan beban pembangunan. Ada beberapa faktor penentu kualitas sumber daya manusia yaitu:


  Pendidikan.
Masalah yang dihadapi di Indonesia adalah putus sekolah yang tinggi. Dengan biaya yang relatif mahal tidak dapat di jangkau oleh penduduk terutama penduduk yang mempunyai penghasilan rendah, minat menyekolahkan masih sangat rendah, terutama di daerah-daerah pedesaan terpencil, seorang anak masih di anggap sebagai salah satu komoditas atau unit ekonomi keluarga. Banyak anak usia sekolah daripada di sekolahkan lebih baik depekerjakan untuk membantu orang tuanya. Sarana dan prasarana pendidikan yang belum memadai dan proporsional terutama untuk sekolah lanjutan (SMP dan SMA), rendahnya kualitas sarana fisik, rendahnya kualitas guru dan rendahnya kesejahteraan guru.

 Kesehatan.
Kesehatan mempengaruhi terhadap tingkat produktifitas artinya makin banyak penduduk yang sakit maka akan semakin rendah kualitas penduduk berdasarkan tingkat kesehatan


Ekonomi.
Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor dalam perubahan perekonomian. Dalam artian bagaimana menciftakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi. Saat ini bukan saatnya lagi Indonesia membangun perekonomian dengan kekuatan asing. Tetapi sudah seharusnya bangsa Indonesia secara benar dan tepat memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki dengan kemampuan sumber daya manusia yang tinggi sebagai kekuatan dalam membangun perekonomian nasional. 

G+

Anda baru saja membaca Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang disusun oleh PIKR SEKARTAJI

0 komentar:

Posting Komentar

PIKR SEKARTAJI © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger