Written By PIK R SEKARTAJI SMKN 3 KDR on Jumat, 21 April 2017 | 19.51

Indonesia akan menghadapi Bonus Demografi yang terjadi puncaknya pada 2045 mendatang. Terdapat dua macam  dampak akibat bonus demografi,yaitu pertama dampak positif dan yang kedua dampak negatif.


  Mulai dari yang pertama yaitu dampak positif, Dampak positif bonus demografi bagi Indonesia akan terasa saat generasi muda siap menghadapi bonus demografi.Dengan keadaan generasi muda yang siap mengadapi demografi ini tentunya berdampak sangat positif bagi negara indonesia,terutama pada laju perkembangan ekonomi.Dengan laju perkembangan ekonomi yang baik tentu berdampak pada perkembangan bangsa ini.Dengan perekonomian yang sehat kemiskinan dapat teratasi, pelayanan kesehatan pun dapat ditingkatkan dan pendidikan juga dapat menjadi lebih baik lagi.Pada keadaan ini indonesia dapat menjadi negara maju dan makmur.Dengan keadaan perekonomian,kesehatan,pendidikan yang baik tentu akan menghasilkan generasi baru yang lebih baik dan berkualitas.Dan pada saat itu indonesia memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas tinggi sehingga dapat mengelola kehidupan negara indonesia yang terarah dan semaikn baik lagi.

Contoh Dampak Positif  Bagi Negara Indonesia yang pertama adalah Terbentuknya generasi emas yang siap memikul tanggung jawab bangsa,mengabdi dan  berkorban pada bangsa,dan bersedia membangun dan mengelola bangsa di masa mendatang.lalu selanjutnya, Meningkatnya laju perekonomian indonesia, yamg berpengaruh besar terhadap kehidupan bebangsa dan bernegara.berikutnya, Kehidupan negara indonesia akan modern,tertata,dan lebih baik .selanjutnya, Roda ekonomi akan terus berjalan tumbuh pesat dan siap bersaing dalam dunia internasional. Dan lain sebagainya.

Lalu yang kedua adalah Dampak Negatif,  Jika bangsa indonesia tidak siap dan gagal dalam mengadapi bonus demografi mendatang,maka bangsa indonesia akan semakin terpuruk dengan adanya ekonomi yang melemah dan banyaknya kasus sosial dan kasus ekonomi yang menjadi masalah internal yang mengancam keseimbangan bangsa. Oleh karena itu generasi muda harus siap dalam menghadapi bonus demografi agar tidak terjadi dampak negatif yang tentunya tidak kita inginkan bersama.

Contoh dari  Dampak negatif antara lain yaitu, Semakin sempitnya lapangan pekerjaan. Akibatnya yaitu Pengangguran semakin banyak.Lalu Kemisikinan semakin menjadi-jadi dikarenakan banyaknya pengangguran.Lalu Kualitas kesehatan menurun karena Perekonomian yang memburuk. Selanjutnya, Sumber Daya Manusia menjadi rendah rendah, karena kualitas pendidikan yang juga menurun.


G+

Anda baru saja membaca Dampak Bonus Demografi yang disusun oleh PIKR SEKARTAJI

0 komentar:

Posting Komentar

PIKR SEKARTAJI © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger