Written By PIK R SEKARTAJI SMKN 3 KDR on Jumat, 21 April 2017 | 19.54


Pendidikan merupakan hal yang penting dan patut diperbincangkan diera masa kini.Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK),yang semakin meningkat seiring perkembangan zaman,menggugah fikiran kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan dinegara ini.Karena,pendidikan adalah pondasi bagi kemajuan sebuah bangsa.
Dari hal tersebut tentu,pendidikan dapat mempengaruhi era “BONUS DEMOGRAFI” dimassa mendatang.Yang mana,era tersebut usia produktif 15-64 tahun 60% lebih banyak dibanding usia non produktif. Tentu,bonus demografi akan mempengaruhi juga dimasalah pekerjaan yang akan sulit dicari,namun yang mencari begitu banyak. Maka dari itu mulai dari sekarang Indonesia perlu berbenah dibidang pendidikan.

Menurut saya,ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memajukan pendidikan di Indonesia:
 Cara yang pertama adalah dengan memberikan peratutran wajib belajar 12 tahun. Mengapa wajib 12 tahun??? Pasti dimasyarakat banyak yang bertanya-tanya. Namun, cara tersebut juga ada alasan yang mendukung, alasannya adalah jika hanya 9 tahun saja,malah akan memperbanyak pengangguran sebab,pekerjaan saat ini yang dibutuhkan minimal lulusan SMA/SMK . Dengan adanya wajib belajar 12 tahun,akan mempermudah untuk mencari pekerjaan ataupun membuka usaha sendiri.
Cara kedua yaitu masyarakat lebih dikenalkan dengan sekolah kejuruan. Mengapa? Kerena,jika kita memilih sekolah kejuruan ,yang pelajari tidak hanya materi saja namun juga praktek langsung. Dengan jurusan yang sesuai keterampilan kita dan yang dimiliki.
Cara yang ketiga yakni memberikan beasiswa untuk siswa yang kurang mampu. Hal ini sudah diterapkan di Indonesia. Dengan cara memberikan beasiswa untuk  keluarga/siswa yang kurang mampu, maka semua masyarakat bisa sekolah sampai tinggi.
Cara yang keempat adalah membangun sekolah-sekolah dipedalaman. Dengan cara tersebut akan, memperluas jaringan pendidikan di Indonesia. Sehingga menjadikan anak-anak indonesia terhindar dari putus sekolah, ataupun buta ilmu pengetahuan.
Semoga dengan cara-cara tersebut dapat meningkat kan kualitas pendidikan diIndonesia. Wujudkan Anak Indonesia cerdas,kreatif,dan memiliki keterampilan. Maju terus pendidikan Indonesia.



G+

Anda baru saja membaca Kualitas Pendidikan Pengaruhi Bonus Demografi yang disusun oleh PIKR SEKARTAJI

0 komentar:

Posting Komentar

PIKR SEKARTAJI © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger